MENGAPA NABI MUHAMMAD S.A.W DI LAHIRKAN DI ARAB.?

1. Kenapa Rasulullah diutus di arab?
2. Kenapa Rasulullah dari suku Quraisy?
3. Kenapa di kota Mekkah?

Tidak jarang umat islam,yang mengaku sangat menyayangi Rasulullah akan menjawab pertanyaan diatas " karena di Arab sedang terjadi kebiadapan yang luar biasa" bahkan tidak jarang juga akan menjawab yang lebih dari itu " bahwa Arab adalah paling biadab, karena ke-jahiliyahan mereka yang suka mengubur hidup-hidup anak perempuan mereka"

Jadi dengan alasan di Arab ada tradisi yang dibolehkan mengubur hidup-hidup anak perempuan mereka berfikir di Arab adalah bangsa yang paling biadab.

Apa benar demikian???

Sebenarnya kalimat-kalimat diatas adalah jawaban dari orang-orang yang ingin mencari-cari atau sengaja ingin merendahkan Islam dan Rasulullah.. karena fakta yang ada tidak benar demikian.


Fakta dunia saat Rasulullah SAW diutus;

1. Di Arab ada tradisi mengubur hidup-hidup anak perempuan.ini jelas tindakan biadab...

2. Di Romawi, ada tradisi mengadu manusia sampai mati bahkan itu menjadi tontonan.yang kita kenal dengan "GLADIATOR". Apa ini tidak jauh lbh biadab? Membunuh manusia menjadi tontonan,bahkan sampai memenggal kepala manusia.

3. Di Persia ada tradisi bagi anak-anak bangsawan berburu budak yang sengaja dilepaskan dengan menaiki kuda dan dengan anak panah,semakin banyak membunuh semakin bangga mereka...apa ini tidak lebih biadab???

4. Dibelahan bumi lain dimana masih banyak suku-suku, bangsa primitif dan disana ada tradisi yang jauh biadab lagi,yaitu kanibalisme dan mengorbankan manusia untuk sesembahan..apa ini tidak lebih biadab?


Kesimpulannya memang pada saat Rasulullah diturunkan, bumi sedang diselimuti kebiadaban yang sangat luar biasa. Tapi dengan alasan yang berbeda. Di Arab mengubur anak bayi perempuan dikarenakan ketakutan orang tua jika suatu saat nanti anak perempuan itu sudah besar bila kampung mereka diserang oleh bangsa lain anak mereka akan menjadi tawanan dan pelampiasan hawa nafsu penjajah. Karena kita sama tahu pada saat itu masih banyak penjajahan dan penangkapan manusia untuk dijadikan budak. Jadi demi menjaga martabat dan kesucian anak perempuan mereka memilih membunuh anak perempuan mereka sejak kecil. Jauh berbeda yang menjadi alasan di Persia dan Romawi. Mereka membunuh karena kebanggaan dan hawa nafsu..

Jadi apa benar saat itu Arab adalah bangsa paling biadab??? Jelas TIDAK...Bahkan yang melakukan penguburan anak perempuan hanya sebagian kecil dari bangsa arab. Karena kalau mayoritas bangsa Arab melakuka demikian. Niscaya pada saat Rasulullah diutus bangsa Arab sudah punah. Karena tidak ada wanita, umtuk berlangsungnya regenerasi.

Kesimpulannya " BANGSA ARAB BUKAN BANGSA YANG PALING BIADAB SAAT RASULULLAH DIUTUS"

2. Dan kenapa Rasulullah dilahirkan di Mekkah?

1. Karena Allah Maha Tahu, di Mekkah Allah mengetahui ada bibit-bibit para pejuang Islam. Karena bangsa Arab terkenal dengan kesetiaan dan keberaniannya. Allah tahu disana ada Sayyidina Abu Bakar ra, Sayyidina Umar ra, Sayyidina Usman ra, Sayyidina Ali r.a dan semua para pejuang-pejuang Rasulullah yang rela mengorbankan jiwa raga dan harta mereka....

2. Kenapa di Mekkah? Karena Mekkah belum ada sistem ke-kaisaran dan politik. Sehingga tidak ada dasar untuk memfitnah Rasul adalah bentukan kaisar yang berkuasa. Karena di Arab yang ada suku-suku.

3. Karena di Mekkah bebas dari pertarungan filsafat dan pertarungan agama. Yang ada hanya pemujaan dewa-dewa dan tidak ada pertarungan disana. Siapa yang mau menyembah dewa. Mereka bikin sendiri dewa mereka. Sehingga tidak ada tuduhan / fitnah bahwa Rasul diutus untuk menguatkan filsafat atau agama yang ada.

4. Karena Mekkah itu adalah titik tengah Bumi. Mekah dikelilingi dengan benua-benua besar dunia.jadi memudahkan penyebaran Islam keseluruh dunia, yang telah terbukti saat ini Islam menyebar di seluruh dunia.

5. Karena Mekkah adalah pusat bahasa Arab terfasih. Karena Allah akan menurunkan Al Qur'an dengan bahasa Arab. Jadi Allah memilih tempat yang sudah memahami bahasa Al Qur'an agar mudah dipahami.

6. Dan yang terpenting di Mekkah sudah terdapat Ka'bah, rumah Allah yang menjadi pemersatu umat islam di dunia.

3. Kenapa kaum dari suku Quraisy???

Karena kaum Quraisy adalah kaum yang paling dihormati di Arab. Kaum yang mengatur segala yang ada di Mekkah, seperti pada saat ibadah haji yang sudah dilakukan oleh seluruh bangsa Arab. Dan yang mengatur itu semua adalah bangsa Quraisy.

Jadi tidak ada yang berani merendahkan silsilah Rasulullah. selain itu suku Quraisy terkenal dengan para pengembaranya.jadi memudahkan penyebaran Islam. Seperti di dalam Al Qur'an Allah menjelaskan suku Quraisy yang senang mengembara( QS 106: 1 dan 2).

Jadi jangan lagi kita dibodohi yang menyebut Arab adalah bangsa yang paling biadab, suku Quraisy adalah suku yang haus kekuasaan dan darah dan sebagainya dan sebagainya.

Dengan kita merendahkan bangsa Arab dan suku Quraisy maka itu menjadi celah bagi kaum kafir untuk merendahkan Rasulullah dan Islam...Memang pada saat itu bangsa Arab dalam kebiadaban, tetapi diluar sana banyak bangsa yang jauh lebih biadab dari bangsa arab.

Oleh : Habib
Muhammad Rizieq Syihab LC . MA

Posting Komentar