Rasullullah SAW bersabda : "Wahai manusia ! sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah, hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam demi jam adalah yang paling utama.

Inilah bulan ketika engkau diundang menjadi tamu Allah dan di muliakan oleh-NYA. Pada bulan ini, nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu di ijabah. Bermohonlah kepada Allah dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shaum dan membaca al-qur’an. Sungguh celaka orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah pada bulan yang agung ini

Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu sebagai kelaparan dan kehausan pada hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin. Muliakan orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkan tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahanlah pandanganmu dari yang tidak halal kamu memandangnya, dan jaga pula pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihanilah anak-anak yatim piatu, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatim piatumu.

Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tanganmu untuk berdoa dalam shalat-shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah memandang hamba-hambaNYA dengan penuh kasih. DIA menjawab mereka ketika mereka menyeru-NYA, menyambut mereka yang memanggil-NYA dan mengabulkan mereka ketika mereka berdoa kepadaNYA.

Wahai manusia ! sesungguhnya diri kalian tergadai karena amal-amal kalian, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban dosa-mu. maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. Ketahuilah, Allah berjanji dengan segala kebesaran-NYA, bahwa DIA tidak akan meng-azab orang-orang yang shalat dan sujud dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan robbul alamin.

Wahai manusia ! barang siapa diantaramu memberi (makanan untuk) berbuka kepada orang-orang mukmin yang melaksanakan shaum pada bulan ini, maka disisi Allah nilai sama dengan membebaskan seorang budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu.

Para sahabat bertanya "Ya Rasulullah tidaklah kami semua mampu berbuat demikian. Rasulullah menjawab: "Jagalah diri kalian dari api neraka walaupun hanya sebiji kurma. Jagalah diri kalian walaupun hanya dengan seteguk air

Wahai manusia ! barang siapa membaguskan akhlaknya pada bulan ini, dia akan berhasil melewati shirath pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Barang siapa meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) pada bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-nya pada hari kiamat.

Barang siapa menahan kejelekan-nya pada bulan ini, Allah akan menahan mulut-nya pada hari dia berjumpa dengan-nya. Barang siapa memuliakan anak yatim pada bulan ini, Allah akan memuliakan pada hari dia berjumpa dengan-NYA.

Barang siapa menyambung tali persaudaraan pada bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-NYA pada hari dia berjumpa dengan-NYA. Barang siapa memutuskan kekeluargaan pada bulan ini, Allah akan memutuskan rahmatNYA pada hari dia berjumpa dengan-NYA.

Barang siapa melakukan shalat sunnah, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka.Barang siapa melakukan shalat fardhu, baginya ganjaran seperti melakukan 70 sholat fardhu pada bulan yang lain

Barang siapa memperbanyak shalawat kepadaku pada bulan ini, Allah akan memberatkan timbangan-nya pada hari ketika timbangan meringan. Barang siapa pada bulan ini membaca satu ayat Al-Qur’an maka pahalanya sama seperti mengkhatamkn Al-Qur’an pada bulan-bulan yang lain.

Wahai manusia ! sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada tuhan-mu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Setan-setan dibelenggu maka mintalah agar mereka tidak pernah lagi menguasaimu.

Amirul mukminin, Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA berdiri dan berkata "Ya Rasulullah, amal doa apa yang paling utama pada bulan ini ?..Rasulullah SAW menjawab:"Ya Abul Hasan, amal yang paling utama pada bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan oleh Allah. ( HR.Ibnu Khuzaiman, Ibnu Hibban, dan Baihaqi)

Posting Komentar